Open Source POS untuk Retail – Apakah benar-benar gratis?

Diterjemahkan oleh : OSPOS Indonesia
Jika anda seorang retailer yang sedang mencari sistem POS, anda mungkin akan menemukan beberapa sistem POS open source di internet. Mungkin hal ini akan menarik minat anda karena pasti sistem tersebut gratis. Sistem POS harganya sangat mahal, anda tidak harus mengeluarkan puluhan juta rupiah apabila tidak diperlukan. Berfikirlah dengan cermat sebelum melakukannya.
Bisa saja anda mendapatkan sistem POS yang gratis dengan menerapkan software open source, tetapi ada beberapa hal yang harus anda pikirkan terlebih dahulu. Open source artinya source code dari software tersebut tersedia dan dapat dibuka. Tetapi bukan berarti orang lain akan begitu saja memberikan sistem POS gratis yang lengkap kepada anda.
Sistem POS yang lengkap setidaknya termasuk software, hardware, setup, training dan support. Anda mungkin mendapatkan software nya secara gratis tetapi belum tentu anda mendapatkan sisanya secara gratis.
Jika anda beruntung mungkin anda bisa mendapatkan sistem POS open source yang dapat berjalan dengan hardware POS yang anda miliki. Ini adalah hal yang harus anda cari tahu informasinya.
Jika anda belum mempunyai hardware apapun, tentu anda harus membelinya terlebih dahulu. Jika anda mencari di sekitar anda mungkin anda bisa mendapatkan barang second dengan harga murah. Lagipula toko retail harus seminimal melakukan pengeluaran.
Anda mungkin bisa mendapatkan beberapa atau semuanya secara gratis. Sebagian besar proyek open source mempunyai informasi tentang bagaimana melakukan setup dan penggunaan software tersebut melalui website atau wiki. Kualitas dari informasi ini sangat beragam tergantung dari proyek open source tersebut. Berapa banyak informasi yang anda butuhkan tergantung dari kemampuan teknis dari anda beserta staff anda.
Proyek tersebut biiasanya menawarkan support melalui forum komunitas. Ketika anda mempunyai masalah, anda dapat mempostingnya dalam forum dan orang lain biasanya akan mencari jalan keluarnya untuk anda. Forum seperti ini bisa berguna bisa tidak untuk masalah anda. Anda biasanya harus mendaftar terlebih dahulu untuk dapat menggunakan software tersebut. Mungkin cara yang lebih baik adalah anda secara pribadi meminta support melalui email ataupun telephone dan membayarnya secara kontrak. Belum tentu ada orang yang bersedia menawarkan jasa support selama tujuh hari dalam seminggu secara gratis.
Kecuali software tersebut telah sesuai dengan fungsi yang anda butuhkan, anda harus membayar orang untuk melakukan beberapa perubahan dalam Pos tersebut. Hal ini akan membutuhkan biaya yang mahal. Hal ini mungkin saja dilakukan karena software tersebut bersifat open source. Bukan merupakan masalah besar untuk anda karena anda dapat membayar orang untuk melakukan beberapa perubahan terhadap software tersebut. Tidak akan ada orang yang akan melakukannya secara Cuma-Cuma kecuali banyak orang yang meminta fungsi yang sama. Dalam kasus ini bisa saja developer menambahkannya kedalam versi selanjutnya.
Pada dasarnya sistem open source bisa berguna untuk anda, tetapi lakukan beberap pertimbangan sebelum memilih salah satu software open source. Pastikan software tersebut dapat berjalan sesuai kebutuhan anda sebelum menerapkannya dalam toko retail anda.
Article Source: http://EzineArticles.com/7552522

No comments:

Post a Comment