Sistem POS untuk Toko? – Pertanyaan yang harus anda jawab sebelum memilih Sistem POS gratis!


Diterjemahkan oleh : OSPOS Indonesia

Apakah anda seorang retailer yang mencari sistem POS yang gratis? Jika ya, ada beberapa hal yang harus anda pikirkan sebelum menempatkan suatu sistem kedalam toko anda.

Sesungguhnya banyak pilihan jika anda menginginkan sistem POS. Namun sebaiknya anda menjawab beberapa pertanyaan untuk setiap sistem yang akan anda gunakan sehingga anda dapat membandingkannya satu sama lain.

Pertanyaan pertama yang harus anda jawb adalah apakah sistem tersebut benar-benar gratis. Apakah sistem tersebut gratis untuk selamanya, atau mereka hanya menawarkan free trial? Kebanyakan ‘Sistem Gratis’ yang ada di internet tidak sepenuhnya gratis. Biasanya sistem tersebut bersifat free trial. Anda diharuskan membayarnya jika ingin terus menggunakan sistem tersebut.

Beberapa perusahaan memang menawarkan sistem yang benar-benar gratis dan dapat digunakan seterusnya. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah sistem yang gratis tersebut mempunyai semua fitur yang anda butuhkan dalam sistem POS?. Kebanyakan dari sistem gratis ini mempunyai fitur yang terbatas. Anda harus membayar untuk mendapatkan fitur-fitur lain secara lengkap.

Pertanyaan lainnya: Jika anda memasukkan data seperti penjualan, inventory item dan customer kedalam sistem yang gratis, apakah anda dapat memindahkan data tersebut ke sistem yang lain? Jika tidak, anda harus memasukkan data tersebut secara manual kedalam sistem yang baru. Mungkin hal ini tidak akan terlalu berpengaruh apabila anda tidak mempunyai banyak data, tapi sebaliknya apabila anda mempunyai banyak data hal ini akan sangat mengganggu. Ini adalah salah satu hal yang harus anda perhatikan.

Pertanyaan terakhir adalah kebutuhan instalasi, konfigurasi, hardware, training dan support service. Jika anda atau staff anda mempunyai kemampuan teknis yang cukup, anda munkin akan mengambil software tersebut dan melakukan instalasi, konfigurasi dan mempelajari bagaimana menggunakannya sendiri. Anda juga dapat membeli hardware POS yang murah dan melakukan instalasi sendiri.

Kecil kemungkinannya perusahaan penyedia sistem POS akan memberikan pelayanan  secara gratis kepada anda. Satu-satunya cara anda mendapatkan perusahaan yang memberikan sistem POS yang gratis adalah anda menjadi member dari salah satu layana mereka, misalnya proses kartu kredit. Setidaknya mereka mendapatkan keuntungan dari keanggotaan anda di kartu kredit mereka.

Demikianlah beberapa pertanyaan yang harus anda jawab sebelum mempertimbangkan penerapan sistem POS di toko anda. Jika anda mempetimbangkan hal-hal diatas dan mendapatkan jawabannya, anda akan mengetahui berapa sesungguhnya biaya yang harus anda keluarkan dan kemudian memutuskannya.


Article Source: http://EzineArticles.com/7552486

No comments:

Post a Comment