Sistem POS untuk Retail – Beberapa pemikiran dalam pembeliannya!


Diterjemahkan oleh : OSPOS Indonesia
Jika anda seorang peritel dan sedang mencari sistem POS, bacalah artikel ini untuk mendapatkan beberapa pemikiran sebelum membeli sistem semacam itu.
Sistem POS untuk ritel sangat kompleks dan harganya bisa sangat mahal. Anda harus berhati-hati dalam membelanjakan uang untuk membeli sistem ini.
Mulailah dengan mencari software yang cocok untuk anda. Hal ini akan menentukan hardware apa yang cocok untuk anda beli. Cobalah untuk mencari software yang ditujukan secara khusus untuk jenis ritel anda. Untuk mudahnya, jika toko anda bergerak dalam bidang pakaian, cari software yang sudah banyak dipakai oleh toko pakaian lain. Software tersebut kemungkinan sudah mempunyai fitur yang anda butuhkan. Toko pakaian yang lain mungkin sudah pernah meminta mereka untuk melakukan beberapa perubahan dalam sistem dan seharusnya mereka sudah melakukan development terhadap software tersebut.
Jika anda tidak dapat menemukan software yang cocok dengan budget anda, carilah sistem POS yang umum, software tersebut mungkin mempunyai fitur yang anda butuhkan.
Buatlah list dari fitur yang anda butuhkan, lalu kunjungilah website nya. Lihat fitur yang ditawarkan dalam website tersebut dan carilah yang sesuai dengan kriteria anda. Coba pikirkan mengenai harga, jadi anda tidak akan membuang waktu untuk mencari software yang diluar budget anda.
Jika dirasa sudah cocok, hubungi perusahaan penyedia jasa software tersebut dan mintalah penawaran harga kepada mereka. Sampaikan kepada mereka bahwa anda ingin mengetahui kisaran harga yang mereka tawarkan. Jika mereka tidak mau menyebutkan harga, tutup telephone dan cari penawaran lain. Masih banyak perusahaan sejenis yang tersedia.
Jika harga yang mereka tawarkan masuk dalam budget anda, mintalah kepada mereka untuk melakukan demo. Jangan buang waktu anda dengan basa-basi mereka. Sampaikan secara jelas apa yang anda cari, tanyakan apakah software mereka dapat melakukan peningkatan dalam toko anda. Caril tahu pengetahuan mereka tentang teknologi retail dengan menanyakan barang dan dan pertanyaan-pertanyaan dasar.
Jangan takut untuk menyertakan orang yang akan menggunakan software tersebut seperti manajer, kasir atau akuntan anda. Orang-orang ini mungkin akan mempunyai pertanyaan mengenai perusahaan penyedia software yang sedang anda jajaki.
Setelah melakukan demo, mintalah penawaran. Sampaikan kepada mereka bahwa anda juga sedang menjajaki sistem POS dari perusahaan lain, dan penawaran dari mereka harus kompetitif jika mereka ingin anda membeli sistem POS dari mereka. Pada saat yang sama tanyakan beberapa referensi. Jika mereka tidak bisa memberikan iinformasi mengenai klien mereka yang telah memberikan tanggapan yang baik terhadap sistem POS mereka, sepertinya ini adalah saatnya untuk mencari perusahaan lain.
Terakhir, ketika anda sudah mendapatkan penawaran harga dari mereka, pastikan bahwa segala sesuatu yang anda butuhkan untuk menjalankan sistem tersebut sudah masuk dalam penawaran mereka. Sistem POS yang lengkap meliputi hardware, setup, training dan support. Apakah hal tersebut sudah termasuk dalam paket penawaran mereka? Apakah ada biaya lain yang harus anda bayar lebih untuk tetap dapa mempergunakan sistem tersebut?
Jika segala sesuatunya telah memungkinkan, beli dan gunakanlah sistem POS tersebut dan nikmatilah sistem POS anda yang baru. Diharapkan software yang anda beli dapat bertahan antara 5 sampai 10 tahun.


Article Source: http://EzineArticles.com/7552583

No comments:

Post a Comment