POS Hardware – Apa yang peritel harus ketahui sebelum membelinya!

Diterjemahkan oleh : OSPOS Indonesia
Jika anda pemilik toko ritel dan sedang mencari hardware untu sistem POS anda, ada beeberapa pertimbangan yang harus anda lakukan sebelum membelinya.
Mulailah dengan malihat software apa yang sedang anda gunakan sekarang. Hal ini akan memberikan sedikit gambaran mengenai hardware yang harus anda beli. Software ini termasuk POS software yang sedang anda gunakan beserta OS nya.
Kebanyakan perusahaan mempunyai daftar rekomendasi hardware. Anda harus berpatokan pada daftar tersebut sebelum membeli sesuatu.
Jika anda mendapatkan hardware dengan harga murah tapi tidak ada dalam daftra, hubungi perusahaan penyedia sistem POS dan tanyakan apakah mereka telah melakukan test terhadap hardware tersebut.
Terakhir, pastikan bahwa hardware tersebut akan bekerja pada OS komputer anda. Misalnya jika anda menggunakann Windows 8, pastikan hardware tersebut dapat bekerja dalam lingkunangan OS Windows 8. Begitupun jika anda menggunakan OS X, pastikan hardware tersebut bekerja di OS X.
Jika anda telah dipastikan bahwa hardware tersebut tidak bisa bekerja dengan software POS anda, pastikan bahwa anda dapat mengembalikan hardware tersebut. Anda jangan menggunakan sesuatu yang tidak dapat bekerja dengan software anda.
Tipe hardwa seperti apa yang seharusnya anda cari? Ini juga tergantung dari software PSO tersebut. Sistem POS yang berbeda membutuhkan hardware yang berbeda pula.
Contohnya jika software anda dan mencetak dan scan barcode, anda harus mencari dan membeli printer barcode dan scanner. Kebanyakan program memperbolehkan anda mencetak barcode melalui printer laser, jadi anda boleh membeli jenis barcode printer tersebut.
Pembelian printer juga tergantung dari apa yang anda jual. Struk pembelian biasanya berupa kertas rol. Kebanyakan software POS akan bekerja dengan kertas macam ini. Anda juga biasanya dapat mencetak struk pembelian lewat kertas A4 dengan printer laser. Jika anda mempunyai banyak informasi yang harus anda cetak lewat struk tersebut, kertas A4 mungkin menjadi solusinya.
Software POS ada yang dapat langsung membuka drawer ada juga yang tidak setelah melakukan penjualan. Hal ini tergantung dari software yanng anda punya. Anda bisa membeli cash drawer apapun asal bisa dibuka dengan kunci.
Anda juga dapat memasang monitor tambahan yang menghadap kepada pembeli sekedar menampilkan informasi barang apa saja yang mereka beli. Hal ini bisa saja dilakukan tetapi tergantung dari sistem POS yang anda miliki. Tanyakan mengenai hal ini kepada perusahaan penyedia sistem POS.
Terakhir, anda mungkin menginginkan reader kartu kredit, khususnya apabila sistem POS anda menyediakan proses kartu kredit yang terintegrasi. Dalam kasus ini biasanya perusahaan penyedia sistem POS akan memberikan rekomendasi atau bahkan memberikan kartu kredit reader.
Kesimpilannya, ketika anda membeli hardware untuk sistem POS anda, harus diingat hardware yang dapat anda gunakan tergantung dari software yang anda miliki. Pastikan bahwa apapun yang anda beli akan dapat bekerja  dengan sistem tersebut. Jika tidak, anda dapat menukarnya dengan yang lain atau meminta kembali berupa uang.
Article Source: http://EzineArticles.com/7552555

No comments:

Post a Comment